PROGRAM PENJAS ADAPTIF DI SEKOLAH BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)

PROGRAM PENJAS ADAPTIF DI SEKOLAH BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)


            Implementasi pengembangan program pembinaan olahraga dalam konteks kependidikan harus merujuk pada tujuan penyelenggaraan pembelajaran penjas bagi peserta didik yang memiliki keterbatasan.istilah yang sering di pakai pada pembelajaran di sekolah bagi mereka,umumnya dapat di sebut dengan penjas adaptif.
Olahraga adaptif adalah metode olahraga yang di sesuaikan dengan kapasitas fungsional tubuh seseorang .tidak ada pemaksaan gerakan,intensitas dan frekuensi dalam melakukan olahraga.pembelajaran adaptif merupakan pembelajaran biasa yang di modifikasi dan di rancang sedemikian rupa sehingga dapat di pelajari ,di laksanakan dan memenuhi kebutuhan pendidik anak berkebutuhan khusus (ABK).
Dengan demikian pembelajaran adaptif ABK hakekatnya adalh pendidikan luar biasa (PLB).sebaba dalam  pembelejarana adaptif bagi ABK yang di rancang adalah:
A.    Pengelolaan kelas
B.     Program pembelajaran
C.     Layanan
            Tujuan pendidikan jasmani dan kesehatan adaptif bagi anak cacat  juga bersipat holistic,seperti tujuan penjaskes untuk anak-anak normal,yaitu mencakup tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan jasmani ,keterampilan gerak,sosial dan intelektual.di samping itu,proses pendidikan itu penting untuk menanamkan nilai-nilai dan sikap positif terhadap keterbatasan kemampuan baik dari segi fisik maupun mentalnya sehingga mereka mampu bersosialisai dengan lingkungan dan memiliki rasa percaya diri dan harga diri.

Pendapat tersebut menunjukan bahwa,tujuan pendidikan jasmani adptif ssama dengan tujuan pendidikan jasmani untuk anak-anak normal.namun dalam pendidikan jasmani adaptif banyak menanamkan nilai-nilai dan sikap yang positif bahwa kecacatan ataw keterbatasan yang di miliki bukan menjadi masalah untuk melakukan kegiatan olahraga.

Share on Google Plus

About aruhiyatna

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment