PROGRAM
PENJAS ADAPTIF DI SEKOLAH BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)
Implementasi
pengembangan program pembinaan olahraga dalam konteks kependidikan harus
merujuk pada tujuan penyelenggaraan pembelajaran penjas bagi peserta didik yang
memiliki keterbatasan.istilah yang sering di pakai pada pembelajaran di sekolah
bagi mereka,umumnya dapat di sebut dengan penjas adaptif.
Olahraga adaptif adalah metode olahraga
yang di sesuaikan dengan kapasitas fungsional tubuh seseorang .tidak ada
pemaksaan gerakan,intensitas dan frekuensi dalam melakukan
olahraga.pembelajaran adaptif merupakan pembelajaran biasa yang di modifikasi
dan di rancang sedemikian rupa sehingga dapat di pelajari ,di laksanakan dan
memenuhi kebutuhan pendidik anak berkebutuhan khusus (ABK).
Dengan demikian pembelajaran adaptif ABK
hakekatnya adalh pendidikan luar biasa (PLB).sebaba dalam pembelejarana adaptif bagi ABK yang di
rancang adalah:
A.
Pengelolaan
kelas
B.
Program
pembelajaran
C.
Layanan
Tujuan
pendidikan jasmani dan kesehatan adaptif bagi anak cacat juga bersipat holistic,seperti tujuan
penjaskes untuk anak-anak normal,yaitu mencakup tujuan untuk meningkatkan
pertumbuhan dan perkembangan jasmani ,keterampilan gerak,sosial dan
intelektual.di samping itu,proses pendidikan itu penting untuk menanamkan
nilai-nilai dan sikap positif terhadap keterbatasan kemampuan baik dari segi
fisik maupun mentalnya sehingga mereka mampu bersosialisai dengan lingkungan
dan memiliki rasa percaya diri dan harga diri.
Pendapat tersebut menunjukan bahwa,tujuan
pendidikan jasmani adptif ssama dengan tujuan pendidikan jasmani untuk
anak-anak normal.namun dalam pendidikan jasmani adaptif banyak menanamkan
nilai-nilai dan sikap yang positif bahwa kecacatan ataw keterbatasan yang di
miliki bukan menjadi masalah untuk melakukan kegiatan olahraga.
Info lainnya :PEMBELAJARAN TEHNIK DASAR SEPAK BOLA
0 comments:
Post a Comment