PEMBELAJARAN OLAHRAGA LEMPAR CAKRAM

OLAHRAGA LEMPAR CAKRAM-
Pada dasranya ,prinsip  dari perlombaan lempar ckaram sam dengan perlombaan melempar lainya,yaitu melemparkan benda(dalam hal ini cakram) sejauh mungkin dengan arah lemparan telah di tentukan. Dalam suatu perlombaan ,tiap peserta diharuskan melakukan lemparan sebanyak 6 kali.pemenangnya adalah peserta dalm percobaan 6 kali lemparan mendapatkan jarak yang sma baiknya.
-          CARA MEMEGANG CAKRAM
Cakram di letakan pada telapak tangan kiri sebagai landasan. Kemudian tangan kanan di letakan di atas cakram dan jari –jari di renggangkan dengan ruas pertama ditekuk mengelilingi pinggiran cakram. Cakram harus di pegang dengan rileks dan tidak boleh di cengkram.
PEMBELAJARAN OLAHRAGA LEMPAR CAKRAM

-          Awalan  
Sebelum cakram di lemparkan ,seseorang pemain harus melakukan awalan agar lemparannya benar dan terarah.ada dua jenis awalan yang sering di gunakan:
1.      Awalan menyamping
Cakram di pegang seperti biasa dengan posisi badan menghadap kesamping dan kedua kaki agak mengangkang . kaki kanan berada di depan kaki kiri dan tumit kaki kanan sejajar dengan ujung jari kaki kiri. Tangan yang memegang cakram menggantung lemas di samping badan. Cakram siap di lemparkan

2.      Awalan memutar
Cakram di pegang dengan posisi badan membelakangi arah lemparan dan kaki kanan berada di depan kaki kiri,cakram di pegang dengan tangan kanan dan tangan kiri berguna sebagai landasan sewaktu  melakukan ayunan.ayunan di lakukan dengan memilinkan pinggang sebanyak 3 kali dan pada ayunan terakhir kaki kanan di silangkan dengan serentak sambil memutar badan ke sebelah kiri,kemudian kaki kiri di silangkan ke depan kaki kanan sehingga waktu melakukan lemparan kaki kiri berada di depan dengan posisi badan menghadap ke arah lemparan.



Share on Google Plus

About aruhiyatna

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment