MENJAGA KEHANGATAN BAYI DENGAN METODE KANGURU

MENJAGA KEHANGATAN BAYI DENGAN METODE KANGURU-
MENJAGA KEHANGATAN BAYI DENGAN METODE KANGURU
Bayi yang mengalami hipotermia atau kedinginan biasanya mudah sekali meninggal karena pada hipotermia terjadi penyempitan pembuluh darah sehingga berkurangnya asupan oksigen yang sangat diperlukan oleh bayi, jika hal ini berlanjut akan mengakibatkan kematian.

Tindakan yang harus dilakukan adalah segera menghangatkan bayi di dalam inkubator atau dibawah penyinaran lampu. Namun, ada cara lain yang sangat sederhana dan mudah dikerjakan oleh setiap orang yaitu dengan menghangatkan bayi melalui panas tubuh ibu, metode ini biasa disebut dengan metode kanguru.

Metode kanguru dapat dilakukan dengan "bayi diletakkan telungkup di dada ibu agar terjadi kontak kulit langsung antara ibu dan bayi. Bayi harus dalam keadaan telanjang. Untuk menjaga bayi agar tetap hangat, tubuh ibu dan bayi harus berada dalam satu pakaian. Sebaiknya ibu menggunakan pakaian longgar berkancing depan".
Bila tubuh bayi masih dingin, gunakan selimut atau kain hangat yang disetrika terlebih dahulu kemudian gunakan untuk menutupi tubuh bayi dan ibu. Lakukanlah secara berulangkali sampai tubuh bayi terasa hangat.

MENJAGA KEHANGATAN BAYI DENGAN METODE KANGURU

Info lainnya : PERSALINAN DENGAN INDUKSI

Share on Google Plus

About milla

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment